Rabu, 16 Januari 2013

AYO KE KANTOR POS : "SAHABAT PENA"





Di zaman yang serba "SMS dan e-mail" sekarang ini, ternyata "sahabat pena" masih ada juga. Setidaknya, anak saya sampai sekarang masih "berkirim surat ria" memakai surat, amplop, dan perangko dengan sahabat-sahabat pena-nya di luar kota, luar propinsi, dan luar pulau.

********************




Dari segi ke-praktisan, kecepatan, dan harga murah, memang "berkirim surat ria" memakai surat, amplop, dan perangko (atau pakai Pos Tercatat di Kantor Pos) memang kalah praktis, kalah cepat, dan kalah murah dibandingkan SMS atau e-mail.





Tetapi dalam pengamatan dan juga pengalaman saya, ada nilai-nilai positif yang tidak tergantikan dari berkirim surat ria dengan surat, amplop, dan perangko, yaitu :

1. Melatih sekaligus praktek sopan santun dan tata krama berkirim surat. Ada nama kota / kabupaten dan tanggal tempat ditulisnya surat. Ada nama dan alamat yang dituju. Ada salam pembuka. Ada pengantar. Ada isi. Ada penutup. Ada salam penutup. Ada tanda tangan dan nama penulis surat. ANAK BELAJAR UNTUK BERTINDAK RUNUT DAN TIDAK SEKEDAR TO THE POINT SAJA.

2. Ada kesugguhan mulai dari menulis surat, meng-amplop-i, sampai memasang perangko / pergi ke Kantor Pos untuk mengirim surat. ADA KETEKUNAN DALAM PROSES INI, TIDAK ASAL KIRIM SAJA (seperti kalau kirim SMS atau e-mail).

3. Ada KESABARAN dalam menunggu surat jawban. Anak jadi punya pengalaman praktis tentang arti kata MENUNGGU DENGAN SABAR.

********************


Tulisan ini bukan berarti tidak mendukung anak memakai SMS atau e-mail. Tetapi anak memang ada baiknya ditemani untuk "masih menulis surat dengan tulisan tangannya sendiri" dan berkirim surat dengan menggunakan amplop plus perangko karena "ada nilai-nilai positif" yang memang "melekat" pada per-sahabat-pena-an.

Selamat menemani anak

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa"

-----o0o-----

Tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph,
Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922.
Sarjana di bidang Ilmu Alam & Ilmu Sosial.
Rumah : Jl. Anjasmork V no. 24 Semarang.
Telp : 081 229 255 689.
E-mail : constantinus99@gmail.com.qq