Jumat, 24 Agustus 2012

MENEMANI ANAK - BELAJAR "YANG MANUAL"



Mesin ketik. Ini adalah benda yang di era serba komputer sekarang ini menjadi kuno.

Tulisan kali ini tidak bermaksud supaya para pembaca yang budiman berbondong-bondong membeli dan menggunakan mesin ketik. Tidak. Sebab saya pun semakin jarang mengetik menggunakan mesin ini (meskipun di rumah, saya punya 2 : satu dengan "gandaran" pendek dan satu dengan "gandaran panjang" yang bisa dipakai untuk mengetik kertas folio secara "landscape". Keduanya dalam kondisi yang bagus).

Tetapi, tulisan ini mengajak para pembaca yang budiman untuk merenungkan nilai-nilai (values) yang ada di balik penggunaan mesin ketik (manual) ini, utamanya dalam kaitannya dengan menemani / mendampingi anak.

----------

Kalau anak belajar mengetik dengan mesin ketik, ada LATIHAN MENTAL yang bisa didapat di sini.

Mesin ketik tidak punya menu untuk MENYISIPKAN tulisan, tidak punya menu untuk MEN-DELETE tulisan, bahkan untuk MEMBUAT RATA KANAN saja harus dilakukan secara MANUAL / PENUH PERHITUNGAN. Kalau tidak, maka tulisan bisa BABLAS kanan, sampai ke luar dari kertas !

Juga, kalau mau membuat TULISAN DI TENGAH-TENGAH KERTAS, harus dihitung dulu. Tidak bisa otomatis seperti kalau palai MS-Word di komputer.

----------

Memang, di balik ke-kuno-an mesin ketik, ada yang bisa digunakan untuk menemani anak belajar hal-hal tadi : PENUH PERHITUNGAN, TIDAK ASAL PRAKTIS SAJA.

Sekali lagi, ini bukan berarti anak harus menggunakan mesin ketik di zaman komputer ini. Tetapi kalau kebetulan saja lampu mati, dan karena itu tidak bisa nge-print file komputer, kalau hanya sekedar membuat surat 1 atau 2 lembar saja, sebenarnya juga bisa memakai mesin ketik.

----------

Selamat menemani anak.

Selamat menemani anak menggunakan "alat-alat yang (agak) tua" / manual untuk melatih PERHITUNGAN / PERENCANAAN, bukan asal PRAKTIS saja.

"Menemani Anak = Mencerdaskan Bangsa".

-----o0o-----

Foto dan tulisan oleh Constantinus Johanna Joseph. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana di bidang Ilmu Alam dan Sarjana di bidang Ilmu Sosial. Magister Manajemen di bidang Marketing, Praktisi Psikologi Industri, dan Praktisi Perbankan.