Jumat, 13 Juli 2012

MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL DENGAN FOTOGRAFI

Kalau kita ada hobby memotret, ada baiknya mengaitkan hobby memotret ini dengan kegiatan menemani anak. Dan apabila kita merasa ingin membaca buku-buku terkait dengan potret-memotret, sekarang ini ada banyak buku yang tersedia. 
Buku seperti tampak pada gambar di atas, misalnya. Dapat dibeli di toko buku Gramedia dengan harga Rp 88.800,- (bulan Juli 2012. Maaf, ini bukan iklan. Ini sekedar contoh nyata saja).
  

Buku dengan judul Photography from My Eyes ini juga dapat dibeli di toko buku Gramedia. Harga di bulan Juli 2012 adalah Rp 114.800,-.
Dari buku-buku semacam ini, kita juga dapat merencanakan "liburan yang akan datang, saya dan anak-anak akan berburu foto ke mana, ya..." (diilhami oleh foto-foto yang ada dalam buku ini).


Buku dengan judul Tips & Trik Fantastis ini harganya Rp 49.500,-. Sekali lagi, foto-foto dalam buku seperti ini dapat menjadi sumber ilham kegiatan bagi kita dan anak-anak kita.
Bagaimana kalau saya belum punya kamera ? Apakah saya perlu membeli buku-buku seperti ini ?
Saya akan menceritakan pengalaman saya sendiri : saya biasa menabung dan membeli serta membaca-baca buku-buku seperti ini. Padahal saya belum punya kameranya ! 

Ini adalah buku yang berisi foto-foto yang sunggung menginspirasi kita dan anak kita untuk berburu foto, mencintai alam dan lingkungan sekitar. Harga Rp 148.800,- sebenarnya tidak mahal, kalau dikaitkan dengan manfaatnya untuk mengembangkan kreativitas dan wawasan artistik anak kita.


Buku ini juga dapat dijadikan buku panduan untuk kita dan anak kita. Harganya Rp 49.800,-. Simpel, murah, dan bermanfaat. 

-----o0o-----

  • Foto dan tulisan oleh Constantinus. Ilmuwan Psikologi anggota Himpunan Psikologi Indonesia nomor 03-12D-0922. Sarjana bidang Ilmu Alam dan Sarjana bidang Ilmu Sosial. 
  • Constantinus gemar "berburu foto" bersama dengan anak dan istrinya menggunakan beragam kamera : mulai kamera Fuji Bonazoom (yang masih pakai film), sampai kamera ber-film merek China. Mulai kamera handphone Nexian 1,3 MP, handphone Samsung 3,2 MP, handphone Nokia 3,2 MP, kamera BB, kamera digital Kodak Easyshare, sampai Canon EOS 550D.  
  • Tulisan ini bukan iklan, tetapi sekedar memberikan contoh nyata. Harga tersebut adalah harga di bulan Juli 2012 di Toko Buku "Gramedia" Jalan Pandanaran Semarang.